Beberapa Manfaat Olahraga Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Olahraga Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh

Masih belum banyak yang tahu manfaat olahraga hula hoop. Sebagian orang menganggapnya sebagai permainan untuk anak kecil. Tidak heran karena memang awalnya alat ini dibuat untuk anak-anak.

Tapi, sekarang ini banyak orang menjadikan alat tersebut sebagai penunjang olahraga yang menyenangkan. Karena bisa dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Selain menyenangkan, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Olahraga Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh yang Bisa Diperoleh

Selain menyenangkan, inilah beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Olahraga satu ini merupakan salah satu jenis aerobik yang bisa dijadikan alternatif untuk melatih kebugaran tubuh. Berikut ini daftar beberapa manfaatnya yang bisa Anda dapatkan:

1. Membakar Kalori

Manfaat pertama yaitu membakar kalori dalam tubuh hingga mencapai lebih dari 400 per jam. Jumlah tersebut setara dengan melaksanakan kegiatan aerobik seperti berlari di atas treadmill dan menari.

Jumlah kalori terbakar bergantung durasi olahraganya. Sejumlah 165 kalori mampu terbakar bagi wanita yang melakukannya selama 30 menit. Dengan durasi sama, kalori pada pria bisa terbakar hingga 200.

Dengan manfaat olahraga hula hoop satu ini, jumlah lemak dalam tubuh bisa berkurang. Inilah penyebabnya cocok dijadikan pilihan untuk diet. Bila ingin mengecilkan bagian lingkar panggul dan pinggang, bisa mencobanya selama dua bulan.

2. Melatih Otot Pinggul

Salah satu otot yang memiliki peranan penting dalam menopang mobilitas tubuh yaitu pinggul. Contoh mobilitas dimaksud adalah berlari, melangkah dan berputar. Dengan rutin melakukan olahraga satu ini, otot pinggul terlatih dan menjadi lebih kencang.

Otot pinggul yang kencang akan memberikan tenaga saat mengangkat sesuatu atau berjalan. Melatih otot ini lebih dini juga mencegah kerusakannya saat sudah berusia tua. Dampaknya, masih mampu berjalan dengan baik dan tidak gampang jatuh.

3. Melatih Otot Inti

Manfaat olahraga hula hoop selanjutnya adalah melatih otot inti. Gerakannya hampir sama dengan plank yang mampu meningkatkan ketahanan otot. Peran otot inti adalah membantu menopang pantat, pinggang, tulang belakang, perut dan panggul.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa olahraga satu ini termasuk kategori aerobik. Sama seperti aerobik lainnya, hula hoop baik untuk kesehatan organ jantung serta kardiovaskular.

Denyut jantung mengalami peningkatan yang nantinya akan memperbaiki aliran darah menjadi lebih lancar. Jadi, memainkan olahraga ini mampu membuat kinerja jantung menjadi lebih efisien sekaligus menurunkan tekanan darah.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Gerakan olahraga ini tampaknya mudah, tapi sebenarnya memerlukan fokus dan konsentrasi. Kurangnya konsentrasi akan membuat alat tidak dapat berputar dengan sempurnya di pinggang.

Dampaknya, menjadi kurang efektif dalam membakar kalori. Inilah penyebabnya memiliki manfaat mampu meningkatkan konsentrasi serta melatih otak. Tidak hanya itu saja, hormon endorfin dilepaskan, sehingga rileks dan bahagia dapat langsung dirasakan.

6. Mengurangi Stress

Manfaat olahraga hula hoop lainnya adalah mengurangi stress dan anxiety. Akan lebih bisa mengurangi stress bila saat melakukannya sembari mendengarkan musik berjenis upbeat. Musik seperti ini membuat suasana menjadi lebih bersemangat.

7. Menurunkan Kolesterol

Olahraga ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti kita tahu bahwa kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh yang jumlahnya terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Bila ingin menurunkan kadar kolesterol tersebut, bisa melakukan olahraga satu ini secara rutin. Ketika kolesterol jahat mampu dicegah, risiko komplikasi lebih lanjut bisa dihindari.

8. Melatih Keseimbangan

Olahraga ini bila dilakukan secara rutin mampu melatih keseimbangan tubuh. Manfaat olahraga hula hoop seperti ini akan membuat Anda menjadi lebih mudah dalam mengontrol gerakan.

Keseimbangan tubuh yang baik akan menghindarkan diri dari kondisi mudah jatuh. Selain itu juga terhindar dari risiko cedera ketika melakukan kegiatan sehari-hari.

9. Memperkuat Sistem Imun

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa bagian tubuh dengan saluran limfatik paling banyak ada di perut. Aliran limfatik berperan penting dalam mengantarkan sel imun menuju seluruh tubuh.

Kontraksi otot tubuh sangat berpengaruh terhadap aliran limfatik. Kontraksi otot tersebut bisa dilakukan ketika melakukan aktivitas sehari-hari dan berolahraga. Salah satunya melakukan olahraga jenis satu ini yang membutuhkan otot perut agar alat terus berputar.

Gerakan yang dihasilkan mampu mengencangkan perut dan memberikan efek memijat. Inilah penyebab manfaat olahraga hula hoop berupa sirkulasi limfatik mengalir lancar bisa didapatkan.

Ketika aliran sirkulasi limfatik berjalan lancar, akan memperkuat sistem imun atau daya tahan. Selain itu, mengurangi risiko terjadinya penyakit. Alasan lainnya, saat berolahraga suhu tubuh meningkat yang membuat pertumbuhan bakteri melambat.

10. Menjaga Postur Tubuh

Manfaat terakhir yaitu menjaga postur tubuh. Terkait manfaat satu ini berkaitan erat dengan keseimbangan. Keseimbangan baik akan mengakibatkan postur yang dihasilkan juga baik.

Seluruh manfaat tersebut tidak akan diperoleh dengan maksimal bila penerapan gerakannya salah. Bukannya membuat tubuh menjadi sehat, malah bisa sebaliknya. Maka dari itu, bila ingin memperoleh manfaat olahraga hula hoop tersebut pastikan menggunakan teknik yang tepat.

CATEGORIES
Share This