art artist California city INSPIRATION JR urban

Proyek terbaru JR di penjara keamanan maksimum di California

Pada Oktober 2019, Seniman Perancis JR menciptakan satu-of-a-kind aktivasi seni di lokasi yang paling tidak mungkin, di dalam dinding Lembaga Pemasyarakatan California: Tehachapi di California Selatan – Fasilitas keamanan 4 maksimum yang terletak di dekat kota Thachapi, dari dua jam di utara Los Angeles.

JR dan timnya menangkap potret dan kisah-kisah mantan warga negara dan saat ini dipenjara yang sangat fokus pada rehabilitasi, serta beberapa staf penjara, dan menempelkannya dengan bantuan mereka, sebagai tim besar, di ruang rekreasi di CCI.

Pembuatan 348 lembar kertas gandum selesai dalam beberapa jam berkat bantuan semua peserta dalam proyek ini, dan lebih banyak lagi pria dan staf yang dipenjara, bekerja sama dengan tim JR.

Tembakan instalasi terakhir dilakukan dari pandangan mata burung dengan drone.

Karya seni monumental hanya terlihat dari atas. Tembakan terakhir dilakukan dari pandangan burung dengan dengung. Itu juga terlihat melalui aplikasi, tersedia di App Store, di mana pemirsa dapat menyentuh setiap orang yang dipenjara dalam gambar digital dan mendengar cerita mereka diceritakan dengan kata-kata mereka sendiri, serta staf penjara yang telah berpartisipasi dalam proyek tersebut.

Sungguh menakjubkan melihat proyek-proyeknya terbentuk di seluruh dunia, mulai dari jalan setapak di sekitar Ellis Islan atau atlet di Rio de Janeiro, hingga pencicipan gandum di Louvre.

Tentang artis

JR (Jean René) lahir di Perancis pada tahun 1983 dan saat ini bekerja di Paris dan New York. Dia menunjukkan secara bebas di situs publik di kota-kota di seluruh dunia. Karyanya menggabungkan Seni dan UU, berbicara tentang komitmen, kebebasan, identitas, dan batas. Setelah menemukan kamera di metro Paris pada tahun 2001, ia melakukan perjalanan ke Eropa untuk bertemu dengan orang-orang yang mengekspresikan diri mereka di dinding dan fasad, dan menempelkan potret mereka di jalan-jalan, bawah tanah dan atap Paris.

Antara 2004 dan 2006, ia menciptakan seri “Portrait of a Generation”. Pada 2007, bersama Marco, ia membuat Face 2 Face, pameran ilegal terbesar yang pernah ada. JR memposting potret besar warga Israel dan Palestina secara langsung di delapan kota Palestina dan Israel.

Pada tahun 2008, ia memulai perjalanan internasional yang panjang untuk “Women Are Heroes”, di mana ia menggarisbawahi martabat wanita yang sering menjadi sasaran konflik. Tahun itu ia juga menciptakan “Kerutan Kota” di Cartagena, Shanghai, Los Angeles, Havana, Berlin dan Istanbul. Pada 2010, filmnya “Women Are Heroes” dipresentasikan di Festival Film Cannes. Pada tahun yang sama, JR menciptakan “Unframed”, sebuah proyek di mana ia menggunakan gambar yang bukan miliknya, dan membingkai ulang mereka dalam konteks baru, dalam skala yang lebih besar.

Pada 2011 ia menerima Hadiah TED, setelah itu ia menciptakan “Inside Out”. Dalam kolaborasi dengan Balet Kota New York, ia menggunakan bahasa balet untuk menceritakan kisah kerusuhan yang terjadi di pinggiran Prancis pada tahun 2005 dan menciptakan “Les Bosquets”, film pendek balet dan eponim yang musiknya disusun oleh Woodkid, Pharrell Williams dan Hans Zimmer dan yang perdana di Tribeca Film Festival.

Pada tahun 2014, ia menciptakan instalasi dengan 4.000 wajah di dalam dan di Pantheon di Paris. Konsep kerumunan akan digunakan untuk instalasi video di CAC Malaga, dan pada façade Assemblée Nationale dan monumen lainnya di Paris selama KTT COP 21 pada akhir 2015. Pada tahun yang sama, ia bekerja di rumah sakit yang ditinggalkan di Ellis Island dan sutradara film pendek ELLIS, dibintangi Robert DeNiro. Pada tahun 2016 ia diundang oleh Louvre dan membuat piramida terkenal menghilang melalui anamorfosis yang mengejutkan. Dia bekerja di Rio de Janeiro selama Olimpiade 2016 dan menciptakan instalasi patung raksasa baru menggunakan perancah, pada skala kota, menekankan keindahan gerakan atletik.

Proyek terbarunya termasuk pameran museum yang didedikasikan untuk anak-anak di Centre Pompidou, kolaborasi permanen dengan seniman Brasil Os Gemeos di Palais de Tokyo di Paris, di ruang yang digunakan untuk menyimpan piano curian selama Perang Dunia II, dan sebuah film dengan Agnès Varda, menyutradarai film dengan ikon Nouvelle Vague, berkeliling Prancis untuk bertemu orang-orang dan mendiskusikan visi mereka. Musim Semi ini, JR akan mengungkap mural raksasa di Palais de Tokyo, sehubungan dengan proyek baru yang berbasis di Clichy-Montfermeil. JR diwakili oleh Galerie Perrotin sejak 2011; dia pernah tampil di Paris, Hong Kong, Miami, dan New York. Pada 2013, JR mendapatkan retrospektif museum pertamanya di Tokyo (Watari-Um) dan CAC di Cincinnati, diikuti oleh Frieder Burda di Baden-Baden pada 2014 dan HOCA Foundation di Hong-Kong pada 2015.

Seperti kemarin