FASHION fashion designer history INSPIRATION Paris Pierre Bergé Saint Laurent YSL

Selamat tinggal Pierre Bergé

Dengan kesedihan yang mendalam bahwa Fondation Pierre Bergé – Yves Saint Laurent, Paris dan Fondation Jardin Majorelle, Marrakech, mengumumkan kematian presiden pendiri mereka Pierre Bergé, yang terjadi pada 8 September 2017, pada 5:39 pagi, di rumah di Saint-Rémy-de-Provence. Dia meninggal dalam tidurnya pada usia 86 setelah penyakit yang lama,”Baca pernyataan dari rumah mode.

Dia adalah seorang pesulap yang membuat hidupnya dan orang-orang yang dia cintai simfoni kebahagiaan, ” kata mantan menteri kebudayaan Prancis Jack Lang. “Pierre Bergé terutama adalah teman yang luar biasa dan setia, yang ada di sana untuk melakukan semua perkelahian yang baik, tujuan mulia, khususnya untuk menyediakan sarana bagi penelitian untuk mengalahkan AIDS. “

Bergé bertemu Saint Laurent pada tahun 1958 dan mereka memulai sebuah hubungan (itu adalah cinta pada percakapan pertama tentang segala sesuatu kecuali mode – dan sejak saat itu semua tentang Yves). Pada 1961, mereka meluncurkan rumah mode ikonik bersama. Meskipun keterlibatan romantis mereka berakhir pada tahun 1976, Berg tetap di sisi desainer sampai dia meninggal karena tumor otak pada tahun 2008. Dia sangat penting untuk perubahan abad ke-20 dalam couture dari perusahaan kerajinan ke bisnis mikro internasional.

Dengan penuh emosi saya mengetahui tentang kematian Pierre Bergé, seseorang yang tak terpisahkan dari sejarah House of Yves Saint Laurent. Saya akan selalu mengingatnya sebagai seorang pria yang ditanamkan dengan ketegangan yang subur antara avant-gardisme dan keinginan untuk bekerja tanpa henti untuk menuliskan penciptaan dalam sejarah. Sejak awal, ia ingin melestarikan semua arsip karya Yves Saint Laurent; warisan tak terelakkan yang akan segera tersedia untuk umum di seluruh dunia untuk dilihat di museum yang luar biasa. Pria yang baru saja meninggalkan kami adalah seorang tokoh budaya yang hebat, dan seorang pria dengan keyakinan yang ia perjuangkan tanpa lelah untuk ditegakkan. Pierre Bergé pada saat yang sama adalah pendahulu yang visioner, pelindung yang hebat, pebisnis yang kreatif dan bersemangat serta pembela tujuan mulia dan universal. Dia adalah pelindung tak kenal lelah ciptaan muda, terutama melalui Asosiasi Andam (Asosiasi Nationale des Arts de la Mode) yang telah dia ciptakan – dia juga pelindung warisan yang murah hati. Pria yang sangat saya hormati, ”Kata Francois-Henri Pinault, ketua dan CEO Kering — perusahaan induk Saint Laurent.

Selain karyanya di bidang fesyen, ia juga dikenal sebagai dermawan, menjadi juru kampanye vokal dan aktif untuk penelitian hak-hak gay dan AIDS. Pada 2015, ia dianugerahi salah satu penghargaan tertinggi Prancis — Grand Officier dari Ordre national de la Légion d’Honneur.

Ingat:

YSL ready-to-wear hanyalah langkah berani awal Bergé; sebagai presiden perusahaan, ia menjual haknya pada tahun 1971 untuk modal untuk berinvestasi dengan cara yang berbeda dalam pementasan acara couture, lebih seperti konser rock, dengan pakaian sebagai pemimpin yang kalah untuk mempromosikan aksesori dan parfum berlisensi. (YSL dibuat cukup untuk membeli kembali hak-hak pada tahun 1973). Bergé membuat kesepakatan yang rumit ketika konglomerat-konglomerat mewah saat ini belum mengelola merger pertama mereka; pada tahun 1986 ia menjual 25% YSL cukup untuk membeli Charles dari Ritz, yang memiliki hak atas parfum dan kosmetik Saint Laurent.

Pada tahun 1989, grup YSL, dengan sinergi internal yang dihasilkan oleh Bergé, adalah rumah desainer pertama yang terdaftar di Paris Bourse, kelebihan permintaan sebanyak 27 kali. Mereka yang mendapat saham melakukan dengan sangat baik untuk sementara waktu, tetapi Bergé melakukannya dengan lebih baik. Dia didenda 1 juta franc untuk perdagangan orang dalam, menjual saham sesaat sebelum pengumuman anjloknya laba, sementara perusahaan farmasi Elf Sanofi membayar tarif pasar untuk 44% modal yang dimiliki oleh Saint Laurent dan Bergé sebelum membeli grup pada tahun 1993. Sanofi Terjual Itu di ke Gucci pada tahun 1999, masih dengan keterlibatan vestigial dari Saint Laurent dan Bergé, yang tidak pergi sebagai presiden sampai tahun 2002.

Seperti kemarin