Sosial Media Populer di Tanah Air Wajib Anda Ketahui

Sosial Media Populer di Tanah Air Wajib Anda Ketahui

Ada banyak sekali sosial media populer di tanah air, lantas apa saja yang sudah Anda gunakan? Sosial media sendiri ialah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi secara online dengan pengguna lain. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengirimkan pesan, foto, video hingga dokumen ke orang lain.

Jadi, berkomunikasi dengan orang lain tidak harus bertemu secara langsung. Dari sekian banyak aplikasi media di tanah air, hanya ada beberapa aplikasi yang banyak di gunakan oleh pengguna di tanah air. Alasannya karena kemudahan dalam menggunakan serta banyaknya konten menarik yang tersedia.

Daftar Sosial Media Populer di Tanah Air

Sekarang ini media sosial sudah hampir seperti kebutuhan primer bagi masyarakat. Selain itu, pilihan aplikasinya juga sangat beragam seperti penjelasan berikut.

  • Youtube

    Salah satu sosial media populer di tanah air ialah Youtube. Anda pasti sudah mengenal Youtube, bukan? Youtube ini sudah ada sejak tahun 2005 dan menyediakan layanan berbagi video. Sekarang ini pengguna Youtube bisa menikmati tayangan video dari berbagai belahan dunia.

    Anda bisa menonton video yang diunggah oleh pengguna dari Korea Selatan, Jepang, Belanda, Amerika Serikat dan negara lain. Selain untuk keperluan hiburan, Youtube juga dapat menjadi aplikasi pemasaran bisnis. Misalnya saja perusahaan membuat iklan dan promosi dalam bentuk video lantas diunggah ke Youtube.

  • Instagram

    Selain Youtube, masih ada aplikasi terkenal lainnya bernama Instagram. Sepertinya hampir semua pemilik smartphone di tanah air mempunyai akun Instagram. Instagram memberikan layanan berbagi foto dan video singkat. Layanan ini cukup menarik bagi masyarakat. Bahkan sekarang mengunggah foto atau video sudah seperti gaya hidup sehari-hari.

  • Facebook

    Facebook termasuk sosial media populer di tanah air yang dibuat oleh Mark Zuckerberg. Facebook menyediakan layanan berbagi cerita atau teks, link situs, foto sampai video. Popularitas Aplikasi ini cukup tinggi digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak sampai orang tua tertarik untuk mengakses Facebook pada smartphone mereka.

  • Twitter

    Twitter juga menyediakan layanan berbagi tulisan, foto hingga video. Namun, biasanya pengguna mengunggah foto atau video dan melengkapinya dengan tulisan. Keunggulan Twitter adalah pengguna bisa melihat topik terbaru yang sedang menjadi perbincangan masyarakat. Bukan hanya topik populer di tanah air. Bahkan bisa melihat topik populer di seluruh dunia.

  • WhatsApp

    WhatsApp ialah sosial media populer yang memungkinkan pengguna berbagai pesan teks, pesan suara, foto hingga membuat panggilan suara atau panggilan video. Selain itu, ada juga fitur grup yang memungkinkan penggunanya membuat grup. Melalui grup, pengguna dapat berkomunikasi dengan teman atau kelurga secara lebih mudah.

    WhatsApp sangat bermanfaat untuk komunikasi dengan pengguna yang jauh. Jadi Anda dapat berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang rumahnya di tempat jauh. Untuk mengaksesnya tidak dikenakan biaya, hanya perlu data internet dan jaringan yang stabil.

  • Telegram

    Bukan hanya WhatsApp, ada juga aplikasi perpesanan instan lain bernama Telegram. Telegram juga memungkinkan Anda untuk mengirim pesan, foto hingga video. Termasuk juga tersedia fitur untuk membuat grup bahkan saluran.

  • TikTok

    TikTok juga termasuk sosial media populer di tanah air. Fitur utamanya adalah berbagai video singkat. Anda bisa menambahkan lagu atau suara tertentu pada video. Selain itu, tersedia juga filter dan efek khusus yang membuat video tampak lebih menarik. Jadi, tidak harus mengunduh aplikasi editing video khusus pada smartphone.

  • LinkedIn

    LinkedIn ialah aplikasi yang rilis secara resmi ketika tahun 2003. LinkedIn memungkinkan para profesional dalam membangun karier. Anda juga dapat memanfaatkannya untuk membangun jejaring bisnis. Biasanya profil pada LinkedIn memuat riwayat pekerjaan, pendidikan sampai keterampilan.

    Oleh karenanya LinkedIn sangat mendukung pertumbuhan karier penggunanya. Melalui LinkedIn, Anda dapat terhubung dengan teman dan memperluas jaringan pertemanan bisnis mengandalkan fitur koneksi. Tersedia juga layanan akses berita, artikel dan postingan berkaitan dengan karier dan industri.

  • Pinterest

    Pinterest ialah aplikasi yang memungkinkan penggunanya mendapatkan berbagai gambar dan inspirasi. Pinterest sudah ada sejak tahun 2010 dan bisa anda manfaatkan untuk menemukan berbagai gambar, video maupun konten lain. Berbagai jenis konten di Pinterest dapat disimpan dalam bentuk pin.

    Lantas, fitur pin ini dapat dibuat didasarkan pada topik atau minat. Banyak orang menggunakan Pinterest untuk mendapatkan inspirasi. Bisa inspirasi untuk proyek kreatif, resep masakan, dekorasi rumah, fashion, gambar dan lain lain.

  • Line

    Line ialah sosial media populer asal Jepang yang rilis ketika tahun 2021. Line menawarkan layanan pengiriman pesan, panggilan suara sampai panggilan video. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengirim sticker. Banyak sticker keren, unik dan lucu dari aplikasi ini. Sehingga berkomunikasi terasa lebih seru dan menyenangkan.

  • Tumblr

    Tumblr ialah sosial media yang basisnya adalah blog. Melalui Tumblr Anda dapat membagikan konten tulisan dan foto. Tumblr sudah ada sejak tahun 2007 dan semakin berkembang. Tumblr juga boleh dimanfaatkan dalam bisnis misalnya menerapkan strategi pemasaran memanfaatkan tulisan dan foto.

Di masa sekarang, sosial media sudah seperti kebutuhan primer masyarakat dari kalangan anak-anak sampai orang tua. Sosial media populer di Indonesia juga sangat beragam mulai dari Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp dan lainnya.

CATEGORIES
Share This