Tahukah Kamu? 3 Hal ini Menjadi Penyebab Mobil Brebet!

Tahukah Kamu? 3 Hal ini Menjadi Penyebab Mobil Brebet!

Tercatat ada beberapa penyebab mobil brebet. Mesin mobil yang mengeluarkan suara brebet ini disebabkan karena adalah terjadinya pergerakan komponen yang tidak sempurna saat dihidupkan. Biasanya, hal ini terjadi pada mesin dengan sistem injeksi. Ada beberapa hal yang sering menyebabkan munculnya suara brebet. Selain itu, ada beberapa faktor lain mengapa mobil brebet ketika digunakan untuk berkendara

Faktor Penyebab Mobil Brebet Ketika Digunakan Berkendara

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, tentu merasa tak nyaman ketika mobil terlalu brebet. Sebab brebet pada mesin menyebabkan komponen mesin mengalami kerusakan fatal hingga membuat overheating.

Oleh karena itu, ada beberapa faktor penyebab mobil brebet yang harus Anda ketahui. Maka dari itu, ini dia faktor utama dari penyebab mobil terasa brebet ketika digunakan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Kerusakan di Bagian Busi Mobil

    Bukan rahasia lagi, salah satu penyebab mobil brebet saat digas adalah karena adanya masalah pada busi mobil. Biasanya, masalah yang sering terjadi adalah spark plug gap alias celah pada pemantik busi posisinya berubah.

    Bisa karena celah makin rapat karena adanya kotoran. Atau, bisa juga celah semakin renggang karena busi mulai menipis alias aus. Biasanya, komponen ini jadi menipis karena penggunaan yang sudah cukup lama.

  • Tangki Bensin Bermasalah

    Sudah berapa tahun usia kendaraan Anda? Kalau sudah lebih dari sepuluh tahun, besar kemungkinan ada masalah pada tangki bensin mobil Anda. Biasanya, masalah yang paling sering terjadi adalah tangki yang berkarat.

    Apabila bensin yang tersisa di bagian bawah tangki tampak berwarna kekuningan, bisa dipastikan tangkinya sudah berkarat. Apa tanda-tandanya? Tandanya adalah, dalam kecepatan tinggi, mobil Anda akan sulit berjalan dengan stabil dan suara mesin terasa tersendat-sendat.

  • Filter Bahan Bakar Tersumbat

    Kalau filter bahan bakar mobilmu tersumbat, siap-siap mobil akan menjadi brebet. Biasanya, filter ini bisa tersumbat karena ada kotoran atau benda asing yang seharusnya tidak ada di sana.

    Misalnya saja air, lumpur, karat, dan lain sebagainya. Kalau mobil Anda bisa menyala saat distarter dan mesin mati saat digas, atau mesin malah tersendat saat kecepatan mobilmu semakin tinggi, besar kemungkinan alasannya adalah karena filter BBM tersumbat.

Solusi yang Tepat untuk Mengatasi Penyebab Mobil Brebet

Ketika mesin mobil terasa brebet, maka Anda harus segera mencari tahu langkah solutifnya. Jika terlambat dalam penanganannya, maka mesin mobil akan mengalami overheating dan membuat mobil rusak parah. Oleh sebab itu, ada beberapa langkah solutif yang bisa Anda coba untuk mengatasi mobil brebet ini.

1. Langkah solutif pertama, Anda bisa melakukan penggantian pada komponen yang mengalami kerusakan. Salah satunya dengan mengganti busi mobil yang telah berkarat. Sebab busi mobil berkarat tentu tidak bisa mengeluarkan kelistrikan yang mumpuni. Sehingga Anda harus menggantinya dengan busi yang baru.

2. Langkah solutif kedua, Anda bisa membersihkan beberapa komponen yang tersumbat dengan kotoran. Salah satunya adalah komponen selang tangka bensin. Sebab penyebab mobil brebet adalah tersumbatnya aliran bensin ke komponen mesin melalui selang.

Oleh karena itu, Anda bisa membersihkan selang tanki secara berkala agar tidak tersumbat kotoran. Jika mengalami kebocoran, maka Anda harus melakukan penggantian komponen selang agar bahan bakar bisa sampai ke komponen mesin mobil.

3. Langkah solutif ketiga, Anda bisa membawa mobil ke bengkel terdekat. Tujuannya untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh atau tune-up mobil. Sehingga Anda bisa mengetahui faktor penyebab yang membuat mesin mobil terasa brebet ketika digunakan berkendara.

Tips Meminimalisir Mobil Brebet Ketika Digunakan Berkendara

Agar tidak mengalami penyebab mobil brebet, maka ada beberapa tips yang wajib Anda terapkan dalam berkendara. Perlu Anda ketahui bahwa risiko mobil brebete di jalan raya ini sangat berbahaya.

  • Tips pertama, cek terlebih dahulu komponen kelistrikan mobil Anda sebelum digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Jangan sampai mobil mengalami kendala mesin brebet saat digunakan berkendara. Sebab hal tersebut sangat membahayakan pengemudi.
  • Tips kedua, lakukan penggantian komponen yang menjadi penyebab mesin mobil Anda brebet. Anda bisa melakukan penggantian komponen secara mandiri, asalkan Anda paham caranya.
    Jika tidak bisa, maka silahkan meminta bantuan montir bengkel untuk melakukan penggantian komponen. Akan tetapi, ada biaya tambahan untuk jasa penggantian komponen mesin mobil yang rusak.
  • Tips ketiga, lakukan pemeriksaan kondisi mobil secara berkala agar komponen mesin tetap prima. Tips ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan di berbagai komponen mesin mobil. Jika perlu, Anda bisa melakukan penggantian oli agar komponen mesin terlumasi dengan sempurna.

Dengan pelumasan yang efektif, maka komponen mesin mobil pun terhindar dari masalah aus. Dan mobil tetap nyaman untuk Anda gunakan berkendara untuk jarak dekat maupun jarak jauh. Sebagai pemilik kendaraan roda empat, Anda wajib memberikan perawatan ekstra pada mobil. Tujuannya agar mobil tetap nyaman saat Anda gunakan berkendara. Pasalnya ada beberapa penyebab mobil brebet yang bisa membuat kendaraan mengalami overheating.

CATEGORIES
Share This